Tuesday, April 14, 2020

Beberapa Gangguan Trafo yang Biasa Terjadi


Beberapa Gangguan Trafo yang Biasa Terjadi

Trafo yang berguna untuk mengatur tegangan listrik perlu mendapatkan perawatan rutin untuk bisa selalu performa yang baik. Perawatan rutin bisa mencegah terjadinya gangguan pada trafo dan memperpanjang usia penggunaan trafo. Ada banyak hal yang menjadi penyebab gangguan pada trafo dan Anda bisa cegah beberapa diantaranya dengan jasa perawatan trafo.

Merawat trafo ini sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki bisnis properti berupa bangunan atau apartemen. Anda perlu pengetahuan basic yang berkaitan dengan apa saja yang bisa menyebabkan gangguan trafo. Beberapa hal yang bisa sebabkan gangguan pada trafo, bisa Anda lihat melalui ulasan berikut ini.

Beberapa Penyebab Gangguan pada Trafo

Ada banyak sekali hal yang bisa menyebabkan gangguan pada kinerja trafo. Sebagian akan berkaitan langsung dengan proses perawatan dan sebagian lagi akibat kondisi alam. Apapun saat Anda mengalami masalah dengan trafo, maka Anda bisa menghubungi tim kami Sewatama untuk melakukan perbaikan terhadap trafo yang ada.

1.     Kerusakan Akibat Kelebihan Beban Tegangan Akibat Petir

Sebagian besar trafo memang dipasang di bagian luar bangunan atau ruangan dengan alasan keamanan dan keselamatan saat terjadi ledakan mendadak. Salah satu faktor alam yang bisa mengganggu kinerja dari trafo adalah petir. Saat ada petir yang tidak sengaja mengenai kawat phasa, maka akan sebabkan gangguan pada trafo. Hal ini bisa berakhir pada arus singkat trafo alias konslet.

2.     Kerusakan Akibat Overload atau Beban Tidak Stabil

Adakalanya beban yang ditanggung trafo bisa menjadi lebih besar dari kemampuannya. Saat ini terjadi, maka kondisi tersebut dinamakan dengan overload. Kondisi overload bisa sebabkan trafo panas dan kawat tidak mampu menanggung beban yang menimbulkan panas berlebih. Kumparan kawat trafo tersebut bisa putus.

3.     Terjadinya Loss Contact di Terminal Bushing

Adakalanya bagian kawat phasa dan terminal bushing menjadi terhubung secara longgar. Hal ini justru menimbulkan ketidakstabilan pada aliran listrik yang diterima oleh trafo. Ada kerusakan akibat timbulnya panas. Seluruh gangguan akan bisa dicegah dengan perawatan yang rutin oleh mekanik. Pencegahan akibat faktor kondisi alam seperti petir hanya bisa ditanggulangi saja dan tidak bisa dicegah. Namun, kedua masalah itu akan bisa ditangani oleh mekanik handal kami.


Comments

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.
EmoticonEmoticon