Friday, April 3, 2020

Token Listrik Gratis, Penyebab Nomor WA nya Sulit Diakses

Token Listrik Gratis, Penyebab Nomor WA nya Sulit Diakses
PT PLN (Persero) menyiapkan mekanisme cara mendapatkan keringanan biaya listrik melalui token listrik gratis selama 3 bulan yang dijanjikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebanyak 24 juta pelanggan perumahan 450 volt ampere (VA) menerima listrik gratis, sementara 7 juta perumahan bersubsidi 900 VA mendapat tingkat diskon 50 persen.

Untuk 450 VA pasca bayar perumahan tagihannya dibebaskan pada bulan April, Mei dan Juni. Sedangkan untuk pelanggan prabayar bisa mendapatkannya dengan mengirimkan nomor identifikasi pelanggan melalui WhatsApp (WA) dengan jumlah 08122-123-123 atau situs web www.pln.co.id. PLN 

Namun, para pelanggan mengeluhkan sulitnya mengambil token listrik gratis tersebut. Website PLN sulit diakses, sedangkan nomor WhatsApp (WA) yang tertera tak memberikan respons.


Wakil Dirut PLN Darmawan Prasodjo mengatakan nomor WA sulit diakses karena sedang ada gangguan. 

“Untuk nomor WA ini memang hari ini kami mendapatkan laporan sedikit ada bermasalah. Bukan dari pihak PLN-nya tapi dari pihak WA yang sedang meng-upgrade servernya yang memang karena servernya akan sangat tinggi,” ungkap Darmawan dalam press conference, Jumat (3/4).

Darmawan berjanji nomor tersebut akan bisa segera melayani masyarakat pada Senin pekan depan. “Insya Allah akan dapat dijalankan mulai Senin, tapi masih untuk ditindaklanjuti dalam meningkatkan PLN kuat atau tidak server WhatsApp nya "katanya.

Untuk layanan yang disediakan lewat Whatsapp, Darmawan mengimbau agar masyarakat untuk pindah ke layanan yang ada di situs resmi PLN. Dalam situs resmi PLN, masyarakat dapat memilih dibagian sub-menu 

“Dipersilakan masuk pilih menu pelanggan, di situ sudah ada sub menu Stimulus COVID 19 seperti arahan Pak Presiden,” ujarnya. 

Masyarakat tinggal memasukkan ID pelanggan atau nomer meternya kemudian akan langsung mendapat token listrik gratis.

“Begitu token listrik gratisnya berhasil didapatkan, dipersilakan pelanggan memasukkan angka tersebut ke KWh meter agat bisa mendapatkan gratisannya atau diskonnya sesuai dengan arahan pemerintah,” ujarnya. 

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan pelanggan rumah tangga 450 VA pascabayar akan langsung dibebaskan tagihannya pada bulan April, Mei dan Juni. Sedangkan untuk pelanggan prabayar bisa mendapatkan token listrik gratis dengan mengirimkan nomor identifikasi pelanggan untuk WA dengan nomor 08122-123-123 atau situs web PLN www.pln.co.id dengan ID sebelumnya, klien akan mendapatkan nilai penggunaan tertinggi dalam 3 bulan terakhir.

Sementara tingkat diskon untuk pelanggan 900 VA, subsidi yang didapatkan untuk pelanggan pasca bayar yang harus dibayar setiap bulan akan berkurang 50 persen. Sedangkan untuk token listrik prabayar 50 persen akan diberikan kepada pelanggan, dihitung dari konsumsi bulanan terbesar selama 3 bulan terakhir.

Comments

Silahkan Sobat berkomentar sebanyak-banyaknya dengan syarat :
1. Berkomentar sesuai dengan tema artikel
2. Jangan berkomentar SARA dan Porno
3. Jangan berkomentar menggunakan LINK AKTIF
Berkomentarlah dengan sopan karena komentar sobat tidak akan di moderasi.
EmoticonEmoticon